Rabu, 30 November 2011

Sejarah singkat Internet

          Internet merupakan jaringan komputer yang yang bermula dari suatu proyek bernama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang di sponsori oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Departemen ini tertarik untuk mengembangkan suatu jaringan komputer yang dapat digunakan untuk membawa pesan militer atau pemerintah jika sewaktu-waktu terjadi perang nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat dimusnahkan.
         Proyek inilah yang menjadi konsep munculnya internetwork atau internet. Pada tanggal 1 Januari 1983, ARPANET menukar protokol rangkaian pusatnya, dari NCP menjadi TCP/IP.
         Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research InstituteUniversity of CaliforniaSanta BarbaraUniversity of Utah , dimana mereka membentuk satu jaringan  terpadu tahun 1969., dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di  negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
         Oleh sebab itu ARPANET dipecah menjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

sumber: Wikipedia

0 komentar:

Posting Komentar

 

Template by BloggerCandy.com