Rabu, 30 November 2011

Protokol Standar Jaringan komputer

Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol digunakan untuk menentukan jenis layanan yang akan dilakukan pada internet.

TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) 
adalah standar komunikasi datan yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dri satu komputer ke komputer lain di jaringan internet. Protokol ini juga merupakan protokol yang banyak digunakan saat ini. Protokol ini menggunakan skema pengamatan yang sederhana yang disebut sebagai alamat IP ( IP address) yang mengujinkan hingga beberapa ratus juta komputer untuk dapat saling berhubungan satu sama lainnya di internet. Protokol ini juga bersifat routable yanfg berarti protokol ini cocok untuk menghubungkan sistem-sistem berbeda ( seperti Microsoft Windows dan keluarga UNIX ) untuk membentuk jaringan yang heterogen. 

POP3 (Post Office Protocol) 
POP3 adalah kepanjangan dari Post Office Protocol version 3, yakni protokol yang digunakan untuk mengambil email dari email server. protokol POP3 dibuat karena desai dari sistem email yang mengharuskan adanya email server yang menampung email untuk sementara sampai email tersebut diambil oleh penerima yang berhak. Kehadiran email server ini disebabkan kenyataan bahwa sebagian kecil dari komputer penerima email yang terus-menerus melakukan koneksi ke jaringan internet.


HTTP (Hypertext Transfer Protocol)  
HTTP (Hypertxt Transfer Protocol) adalah suatu protokol yang digunakan oleh WWW (World Wide Web). HTTP mendefinsikan bagaimana suatu pesan bisa di format dan dikirimkan dari server ke client. HTTP juga mengatur aksi-aksi apa saja yang harus dilakukan oleh web server dan juga web browser sebagai respon atas perintah-perintah yang ada pada protokol HTTP ini. 
Contohnya, bila kita mengetikkan suatu alamat atau URL pada internet browser maka web browser akan mengirimkan perintah HTTP ke web browser. Web server kemudian akan menerima perintah ini dan melakukan aktifitas sesuai dengan perintah yang diminta oleh web browser. Hasil aktifitas tadi akan dikirikan kembali ke web browser untuk ditampilkan pada kita. 

FTP ( File Transfer Protocol ) 
FTP ( File Transfer Protocol) adalah sebuah sebuah protokol internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork. FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan username dan passwordnya untuk mengakses, mendownload, dan mengupload berkas-berkas yang ia kehendaki. umunya, para pengguna daftar memiliki akses penuh terdapat berapa direktori, sehingga mereka dapat berkas, menuat dikotri dan bahkan menghapus berkas. 
Tujuan FTP server adalah sebagai beikut :
1. Untuk men-sharing data.
2. Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer.
3. Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi User.
4. Untuk menyediakan tranper data yang reliable dan efisien.
FTP sebenarnya cara yang tidak aman untuk mentransfer file karena file tersebut ditransfesfer tanpa melalui enkripsi terlebih dahulu tapi melalui clear text. Metode text yang dipakai transfer data adalah format ASCII atau format binary. Secara Default, FTP menggunakan metode ASCII untuk transfer data. Karena Pengirimannya tanpa enkripsi, maka username,password,data yang ditransfer maupun perintah yang dikirim dapat dniffing oleh orang dengan menggunakan protocol analyzer (Sniffer). Solusi yang digunakan adalah dengan menggunakan SFTP (SSH FTP) yaitu FTP yang berbasis pada SSH atau menggunakan FTPS (FTP over SSL) sehingga data yang dikirim terlebih dahulu disana.

sumber: http://emperorkidz.blogspot.com/2011/02/pengertian-dan-jenis-protokol-jaringan.htm

0 komentar:

Posting Komentar

 

Template by BloggerCandy.com