Selasa, 29 November 2011

praktikum biologi: sistem peredaran darah

jumat, 25 november 2011 kelas gw ada pelajaran biologi. hari itu, kita praktek sistem peredaran darah dengan melihta peredaran darah pada hewan. kelas gw di bagi menjadi beberapa kelompok, kelompok gw tentang sistem peredaran darah pada serangga. kelompok gw anggota-anggotanya ada gw, dini, suci, meu. novi, risjun. sebelum praktek kita ada presentasi tiap kelompok.
nah, pas praktek tiap kelompok bawa hewan-hewan yang dibahasas sistem peredaran darah nya. ada yang bawa kodok X_X, ikan, burung, jangkrik, cacing tanah ( yang bawa cacing tanah sama jangkrik itu kelompok gw ).

 at the first, kita liat burung di belek-belek, tapi tenang aja, sebelumnya di bius dulu kok. guru biologi kita, Ibu Dewi Saribanon membius burungnya dulu, kan kasian kao di belek-belek tp burung nya msh sadar O_O , Ibu Dewi nunjukkin ke kita semua cara ngebius. dan tahu gak burung di bius sampe beberapa kali susah bgt pingsannya, waktu biusan yang pertama apa kedua gt, burungnya malah terbang tp setelah biusan yang ke berapa lagi gt, burung perkukurnya baru pingsan. selang beberaqpa lama, burung nya meninggal :( .  Ibu Dewi nunjukkin ginjal, jantung, limpa, paru2, aorta, usus, dll ke kita.



yang lain ikan, kata temen gw, ikan nya akrobat, soalnya lompat2 terus hahahahahhaha. temen gw yang belek ikan ahli bgt, konseen gt belek ikannya hahahaha, tp hebatnya, setelah berjam-jam janung ikan masih berdenyut, bahkan setelah dia telah mati (*tepok tangan*)

kelompok gw, belek jangkrik. kebayang gak kelompok gw belek hewan semungil itu? :D . jangkrik, belalang, itu termasuk ke dalam sistem peredaran darah terbuka. dia punya jantung yang terbentuk dari gelembung2 pembuluh darah makanya dinamakan jantung pembeluh. dan bentuk jantung nya juga seperti tabung yang ada aorta nya, tp aortanya tidak ada klep atau oenutupnya gitu. jangkrik dan belalang itu, darahnya tidak mengandung hemoglobin, jadi  yang mengedarkan O2 nya bukan darah, tapi diurusi sendiri sama sistem trakea. karena peredaran darah jangkrik, belalang berfungsi untuk mengedarkan sari-sari makanan, makanya sistem peredaran darah belalang, jangkrik disebut sistem sirkulasi zat makanan.

dan kelompok yang lain, bawa kodok. sebelum belek kodok, kodok nya pipis untung gak muncrat ke baju atau mata orang hahahah. pas belek kodok kita liat jantung nya juga.

pokoknya, itu cukup seru ;D

#sman8tangerang

0 komentar:

Posting Komentar

 

Template by BloggerCandy.com